Universitas Matana



Tentang Prodi Akuntansi

Akuntansi adalah bahasa bisnis untuk mengkomunikasi informasi keuangan dan operasional kepada para pengambil keputusan, baik pada organisasi bisnis, organisasi pemerintah, maupun organisasi nirlaba. Para pengambil keputusan ini menggunakan informasi akuntansi untuk kepentingan pengendalian operasi bisnis, perencanaan dan pengendalian pajak, penganggaran bisnis maupun penganggaran pemerintah, serta analisis kinerja dan pelaporan keuangan kepada para pemangku kepentingan (stake holders).

Akuntansi Properti

Dunia usaha properti di Indonesia maupun dunia mengalami perkembangan yang pesat dalam lima tahun belakangan ini, dan terus berkembang dalam masa mendatang, sejalan dengan kebutuhan manusia akan perumahan dan pemukiman yang terkelola secara profesional sehingga memberi kenyamanan bagi para penghuni perumahan, apartemen, pusat-pusat bisnis dan perbelanjaan. Dengan informasi akuntansi yang relevan, pekerjaan manajerial dalam pengelolaan bisnis property (pemukiman, apartemen, pusat belanja, dan pusat bisnis) menjadi lebih professional dan efektif serta efisien. Pendidikan akuntansi di Universitas Matana mempersiapkan calon-calon sarjana akuntansi di bidang bisnis property untuk memenuhi kebutuhan tenaga akuntansinya, melalui bidang perminatan Akuntansi Properti.


Akuntansi Perpajakan

Perpajakan merupakan salah satu sumber pendapatan utama bagi semua negara di dunia. Indonesia sendiri di dalam APBN 2015 dan 2016 serta di tahun-tahun mendatang, menjadikan pajak sebagai sumber pendapatan utama negara. Karena itu, dunia usaha sebagai salah satu subyek pajak utama mesti mengelola urusan perpajakan perusahaan secara professional, sehingga terhindar dari masalah perpajakan dengan Negara. Pendidikan akuntansi di Universitas Matana mempersiapkan calon sarjana akuntansi yang memiliki pengetahuan dan ketrampilan di bidang perpajakan untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja di bidang perpajakan, melalui perminatan Akuntansi Perpajakan.

Karena itu, seluruh pengalaman akademik mahasiswa difokuskan bagi aktualisasi kapasitas belajar yaitu kapasitas intelektual, sosial, entreprenurial, dan, spiritual. Sarjana Matana adalah manusia terdidik dan trampil karena selain memiiki budaya research dan keilmuan, juga seimbang dengan nilai moral dan keseganan kepada Tuhan.


Akuntansi Internasonal

Dinamika globalisasi terus mendorong terintegrasinya organisasi bisnis yang semula hanya tersegmentasi berbasis teritori Negara, menjadi organisasi bisnis yang multinasional. Terintegrasinya manajemen organisasi bisnis multinasional, menimbulkan adanya kebutuhan pencatatan dan pelaporan akuntansi yang dapat mengkonsolidasikan semua transaksi bisnis di Negara yang berbeda, dengan standar akuntansi serta peraturan perpajakan yang juga berbada, menjadi sebuah pelaporan keuangan konsolidasi yang memenuhi standar akuntansi internasional. Pendidikan akuntansi di Universitas Matana menyiapkan calon-calon sarjana yang memiliki dan menguasai serta trampil menerapkan standar akuntansi internasional melalui program perminatan Akuntansi Internasional.


Proses Pembelajaran

Untuk membentuk Sarjana Universitas Matana yang menguasai pengetahuan dan ketrampilan akuntansi dalam bidang property, perpajakan, dan akuntansi internasional serta memiliki sikap yang berintegritas, melayani, dan saling menghargai dalam bekerja kelak, dilakukan dalam dua pendekatan, yaitu pendekatan pembentukan penguasaan pengetahuan dan ketrampilan akuntansi melalui ceramah, turorial, praktek laboratorium dan studi kasus. Selain itu pendekatan pembentukan sikap integritas, pelayanan, dan saling menghargasi melalui pembinaan kemahasiswaan oleh campus ministery center.

Tahun pertama mahasiswa diberi pengetahuan dasar akuntansi dan pembentukan kepribadian;

Tahun kedua, mahasiswa diberi pengetahuan konsep dan prinsip-prinsip akuntansi, dalam bidang akuntansi keuangan, akuntansi biaya dan akuntansi manajemen, pemeriksaan akuntan, dan perpajakan. Tahun ketiga, mahasiswa memperoleh pengetahuan lanjutan akuntansi keuangan, akuntansi biaya dan akuntansi manajemen, pemeriksaan akuntan, serta perpajakan yang disertai dengan praktikum di laboratorium’ Tahun keempat, mahasiswa memfokuskan studi akuntansi pada bidang perminatan akuntansi properti, akuntansi perpajakan, dan akuntansi internasional, yang dititik beratkan pada pemecahan kasus-kasus nyata, yang kemudian bidang perminatan tersebut menjadi tema untuk skripsi yang penyelesaian nya dalam tahun keempat ini juga.


Fasilitas dan Kerjasama

Fasilitas pembelajaran menggunakan ruang kelas yang berAC dengan kapasitas isi hanya untuk 40 mahasiswa per kelas agar efektifitas pembelajaran terjamin. Setiap ruang kelas dilangkapi juga dengan desktop yang terhubung dengan infocus. Fasilitas laboratorium komputer dan akuntansi tersedia untuk praktikum mahasiswa. Selain itu, fasilitas perpustakaan dengan buku-buku impor yang selalu diperbahaui terbitan nya serta jurnal imliah nasional dan internasional.

Selain fasilitas, Universitas Matana juga telah bekerja sama dengan Kanwil Dijten Pajak Propinsi Banten untuk membuka Pojok Pajak di Kampus Universitas Matana, Gading Serpong. Kerja sama juga dilakukan dengan grup perusahaan properti yang ada di Gading Serpong dan BSD.

Like Us on Facebook